KABAR BAIK DARI XL

JAKARTA- Peminat musik di dunia maya merupakan pasar potensial bagi operator seluler dalam meningkatkan pengguna data. XL Axiata pun menyiasati hal ini dengan menghadirkan jalur musik yang aman, Streamsation.
'Aman' yang dimaksudkan dalam hal ini adalah layanan musik streaming yang tidak memakan banyak kapasitas bandwidth, tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan, serta sejauh mungkin menghindari proses pembajakan.
Streamsation merupakan layanan streaming musik milik PT Sibernetika Indonesia. Melalui situs tersebut, pengguna internet dihadirkan ribuan lagu dari 12 label rekaman dengan kompensasi tarif terjangkau. Namun, khusus bagi pelanggan XL, lagu-lagu dalam Streamsation dapat diperdengarkan secara gratis.
"Kami mengantisipasi maraknya lagu bajakan di internet dengan cara membuat layanan musik yang hanya bisa diperdengarkan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan lagu-lagu tersebut bisa didownload dalam pengembangan ke depannya. Namun kami masih membutuhkan diskusi lebih lanjut dengan pihak label untuk menyepakati rencana tersebut (musik download), selain juga karena teknologi yang kami miliki masih dalam pengembangan," ujar Presiden Direktur PT Sibernetika Indonesia Christian Siboro kepada okezone, Kamis (26/11/2009).
Layanan musik streaming dianggap lebih baik ketimbang layanan download. Pasalnya, dengan streaming, lagu hanya bisa diperdengarkan sesuai dengan keinginan pengguna tanpa harus disimpan dalam ponsel maupun komputer. Bahkan untuk satu lagu, hanya dibutuhkan bandwidth internet sebesar 64 kbps.
Layanan streaming musik ini merupakan layanan yang mudah dinikmati oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja, selama memiliki koneksi ke jaringan Internet. Bagi masyarakat umum yang ingin berlangganan menikmati 8.000lagu di situs tersebut akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000/bulan tidak termasuk biaya untuk penggunaan akses Internet. Adapun selama masa promosi yang berlangsung tiga bulan ke depan, biaya berlangganannya akan diberikan diskon sebesar 50persen menjadi Rp25.000/bulan.
GM Mobile Data Services dan Devices XL Axiata, Ari Tjahjanto berharap layanan ini mampu memberikan kontribusi terhadap target peningkatan pengguna internet unlimited hingga 10.000 pengguna. Saat ini pengguna internet unlimited XL sendi
internet unlimited
XL sendiri telah
mencapai 30.000.
Sedangkan
pengguna internet
melalui koneksi
GPRS atau 3G XL
telah mencapai 7
juta dari total 26,6
juta pelanggan XL.
(srn)

Comments