Cari Artikel : Home All Download Software Tips & Trick Hardware Antivirus Security Google Delphi Random tags: AVG 8.0 Translate windows 7 PNG security booting ubuntu GIF Safe Mode avira-indonesia Modifikasi Tampilan Windows XP-Vista-7 dengan CustoPack Tools

Modifikasi tampilan windows kini tidak menjadi suatu hal yang sulit, bagi pengguna windows XP, dengan tampilan yang lama mungkin tidak akan menarik lagi. Sebelumnya saya pernah membahas mengubah tampilan windows XP salah satunya dengan Transformation Pack. Kini dengan CustoPack Tools kita bisa mengubah tampilan Windows XP, Vista dan Windows 7 dengan mudah dan berbagai opsi modifikasi.

CustoPack merupakan software customisasi tampilan windows yang dibuat oleh tim crystalxp.net yang cudah cukup populer dengan customisasi tampilan windows. Software ini kompatibel dengan Windows XP (32bit), Windows Vista ( 32 dan 64bit) serta Windows 7 ( 32 atau 64bit).

CustoPack Tools menyertakan mempunyai fitur untuk memilih theme pack yang sudah di install, mengeditnya, membuat theme pack sendiri serta mengatur beberapa opsi CustoPack Tools. Ketika akan mengubah theme, kita bisa mengetahui bagian apa saja yang diubah. Pack yang disertakan bisa menyertakan pengubahan berbagai tampilan, seperti :
  • Standard Icons
  • Visual Styles
  • Backgrounds
  • Fonts
  • Cursors
  • Sounds/ Notifications
  • Logon Screen
  • Rocketdock
  • Color Folder Skin
  • DLL midifications
  • Tambahan software lain
Melihat kemampuannya, CustoPack Tools memang mempunyai fitur pengubahan lebih banyak daripada pengubahan dengan visual tyles biasa. Untuk Windows Xp, sementara terdapat 3 tampilan, yaitu Imod Inspirat (Mac OS X), Seven Inspirat (Windows 7) dan Windows XP Embedded Royale. Untuk Windows 7 terdapat lebih banyak tampilan yang bisa dipilih.

Install dan Download Pack

Untuk menggunakannya, Download CustoPack Tools (~ 29MB) kemudian install di komputer. Software ini belum menyertakan themes atau tampilan seperti diatas. Oleh karena itu selanjutnya download pack yang sudah disediakan dari halaman CustoPack Gallery, pilih sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Setelah itu jalankan (install) pack yang di sudah download, sehingga akan tampil di software CustoPack Tools.

Masing-masing theme mempunyai ukuran dan fitur yang berbeda. Misalnya untuk imod inspirat berukuran 18 MB, seven inspirat berukuran 24 MB serta windows royale 1.5 MB.
Setelah dilakukan pengubahan tampilan dengan theme yang di pilih, biasanya komputer harus direstart agar tampilan berjalan sempurna (jika program ditutup sebelum restart, muncul pesan kemungkinan terjadi kerusakan file, sehingga sebaiknya memang komputer di restart). Saya sudah mencoba menggunakan Windows XP SP3 dan berhasil menubah tampilan windows menjadi Mas OS X tanpa ada masalah.

Comments