Cara Mempercepat (Tweak) Browser Mozilla Firefox

Saya adalah salah satu pencinta dan pengguna mozilla firefox. Saya sudah jatuh cinta sejak pertama kali mengenal browser ini. Saya suka hampir semua hal tentang browser ini.
Saya akan mencoba menulis sedikit tweak yg saya lakukan pada browser firefox saya. Tweakingnya sih sederhana tapi lumayan mempercepat kinerja firefox saya.
Saya ngga pandai dalam menjelaskan sesuatu jadi semoga anda mengerti tentang tulisan saya ini. hehehe… Meskipun sebenarnya saya tidak percaya bahwa koneksi itu bisa dipercepat. Dalam artian misalkan anda berlangganan isp dan isp anda di lock hanya sampai speed maksimalnya anggap saja 256kbps.
Mau anda gunakan program apapun sepertinya agak susah untuk bisa melampaui speed 256kbps yg telah ditetapkan si provider. Yang mungkin kita bisa lakukan ya tweaking untuk menstabilkan terdownloadnya data (biasanya kalau udah stabil rasanya browsing/download bisa terasa lebih cepat).
Berikut ini adalah yang saya lakukan untuk menstabilkan atau “mempercepat” mozilla firefox saya sekaligus menstabilkan atau “mempercepat” koneksi :
Gunakan DNS yang stabil, ada beberapa pilihan dns yg saya gunakan dan kalau salah satunya sudah terasa agak tersendat maka saya akan beralih ke dns lainnya dan jarang biasanya dns berikut ini down/lambat berbarengan antara lain :
scrubit 67.138.54.100 dan 207.225.209.66
opendns 208.67.222.222 dan 208.67.220.220
dnsadvantage 156.154.70.1 dan 156.154.71.1
Silahkan piih salah satu dan bereksperimen dns yg mana rasanya paling cepat. Di atas adalah dns yang sudah difilter dalam artian akan memblokir situs porno/phising yg sudah diketahui oleh si pengelola.
Ada pula dns yg tidak difilter yaitu http://www.dnsserverlist.org/ yg menyediakan banyak dns yg bisa anda pilih.
Cara memasukkan/menggunakan dns tersebut bagaimana?
1. Buka control panel >> network connections >> klik kanan koneksi yg anda sering gunakan >> pilih properties >> kemudian pilih tcp/ip

Image by http://www.techmaal.com
Dan yang kedua adalah cukup dengan plugin mozilla firefox tweak network 1.3 yg bisa andadownload disini.
Untuk mengatur plugin tersebut pada mozilla firefox versi 3.5 bisa anda lakukan dari menu Tools >> Tweak Network Settings >> klik tombol “Power” dan klik “Ok” maka browser firefox anda sudah di tweak agar lebih stabil.
Nah selesai sudah silahkan dicoba.
NB :
- Semua ini tergantung juga pada server web yg sedang anda kunjungi, mau bagaimanapun cepat/stabilnya koneksi anda kalau server webnya sedang lambat tidak akan ada artinya.

Kata kunci untuk halaman ini:

tweak mozilla,mempercepat browsing mozilla,cara mempercepat browsing mozilla,cara mempercepat browsing,tweak mozilla firefox,Tweaking Mozilla Firefox,tweaking mozilla,cara mempercepat browsing mozilla firefox,mempercepat browsing firefox,dns telkom flexi

Comments