Friday, December 10, 2010

tips memilih layanan internet operator GSM dan CDMA & perbandingan kecepatannya


selamat wayah kiue semuanya para gretonger sejati, ehm ehm ehm. hari demi hari cuaca di Jakarta semakin tidak menentu, haduh kadang panaaaaaaaaaaaaas bangets, kadang dingin minta ampun. capek dech...............!!!!!!!!!!!!
kurang lebih udah seminggu di Jakarta. hehehehe banyak sekali pengalaman yang ane dapet. Mulai dari Interent yang lemod. internet yang wus wus wus. dan paling menjengkelkan adalah kadang mandi kadang tidak. karena air tidak kebagian. maklum kontrakanya paling ujung,
tujuan ane dari kampung ke kota adalah untuk meningkatkan investasi bisnis online ane yang udah ane jalankan dari kampung empat bulan lebih. berhubung koneksi internet di kampung ane lambatnya minta ampun, meski jarak BTS dengan rumah kurang dari satu KM. tapi dalam 24jam interent lebih dari keong. hahaaha kayak keong bawa batu lima KG.
amat sangat lambat, tapi meski begitu bisnis online yang ane jalankan normal dan per bulan rupiah ngalir ke rekening ane.

tanggal 4 Desember ane berangkat ke Jakarta merantau. Dengan kenangan yang ada di rumah yang sulit di tinggalkan, tapi apalah daya. karena umur saya sudah menginjak dewasa, hidup harus ada perubahan. berharap di Kota baru sekarang, nasibku akan lebih baik. terutama bisnis yang tujuan utama lebih mantap. Amin!!!
di kampung halaman, lima operator GSM sudah tidak bisa di andalkan. karena hanya GPRS yang download maksimalnya 28.4Kbps/3.55KBps, cukup untuk membuka halaman web yang penuh dengan flash. apalagi buka video streaming, amat tidak mungkin.
satu minggu berada di Jakarta baru tahap adaptasi. pertama koneksi interent yang ane gunakan adalah IndosatM3, dengan perangkat yang saya gunakan sudah support HSDPA 3.6Mbps. namun alangkah kagetnya ane, karena koneksi yang saya harapkan wus wus. ternyata pada kenyataanya hanya di dapat 64Kbps=8KBps. amat lambat, sudah lambat terputus2 lagi. ane oprek2 tapi tetep koneksi tidak wus wus. haduh jengkel. dan ane browsing di om Google, masuk ke forum kaskus. dan forum lainya yang membahas tentang unlimited Indosat. ternyata benar koneksi Indosat amat sangat lambat jika quota dari paket unlimited yang kita pakai sudah habis. maklum ane ambil pake paket unlimited IM2 Inside yang Rp 100.000, terus ane nyoba dengan provider lain, yaitu Telkom Flexi. karena dalam pikiran ane ini CDMA dengan modem IVIO singal full, dan Flexi adalah milik BUMN kayak Telkomsel, so pasti kualitasnya akan ngejreng. akan tetapi dari jam pertama sampai empat jam browsing koneksi internet lambat juga. haduh pusing ane koneksi hanya maksimal 86Kbps=10.75KBps. namun karena terlanjur daftar paket unlimited. dengan hati kecewa browsing terus di lakukan.
hari ketiga di Jakarta ane mencoba membeli paket Telkomsel FLASH dengan kartuAS. seharga Rp 50.000 untuk dua minggu, pada awal browsing lumayan kenceng karena belum habis quota, yaitu 384Kbps=48KBps. tapi setelah habis quota kecepatan sama seperti provider lain yaitu maksimal 64Kbps=8KBps. namun jika di banding Indosat, Telkomsel masih lebih baik karena koneksi agak stabil.
namun ketika ane mencoba mengoperek2 kartu Baim dengan Proxomitron. waw koneksi internet sangat stabil. yang di janjikan dengan kecepatan 3.6Mbps ternyata jadi kenyataan, soalnya ane download file MP3 sebesar 3.7MB hanya membutuhkan waktu selama 27detik saja. sungguh hasil yang menakjubkan bagi kalangan warga Indonesia. karena di luar negeri lebih kenceng lagi lihat saja di Korea koneksi internet mencapai 23Mbps=2875KBps. Selain kenceng gratis lagi. hehehheh kapan ya negara kita seperti itu, jangankan gratis yang bayar saja sudah di buat lemot Indonesia Indonesia.

namun berdasarkan pengalaman ane yang sudah satu minggu di Jakarta. ini pengalaman yang sangat berharga. berikut adalah tips yang bermanfaat bagi para gretonger yang ingin memiliki koneksi internet yang baik dan tidak bikin jantungan. pilihlah sesuai kebutuhan.
Hal yang pertama yang harus di perhatikan sebelum para gretonger membeli modem atau menggunakan jasa Operator untuk menggunakan layanan internetnya adalah.
perhatikan signal yang di terima di lokasi para gretonger itu sendiri.
yang kedua pilih lah tarif yang sesuai dengan kebutuhan para gretonger, contohnya jika hanya browsing saja pilihlah Operator yang memberikan quota lebih banyak jika kebutuhan gretonger hanya browsing saja.
yang berikutnya usahakan seminimal mungkin beli modem atau perangkat yang minimal support EDGE/2.5G. karena kecepatan EDGE 256Kbps=32Kbps. cukuplah buat muter tivi streaming dengan low quality, tapi perlu di ingat bahwa tidak semua Operator memberikan EDGE di setiap BTS nya. hanya AXIS dan 3 yang semua jaringanya sudah support EDGE.
tapi sangat di sayangkan kecepatan EDGE masih bergantung kepada tinggi atau rendahnya voice dan SMS karena EDGE masih bersatu sama jaringan Voice dan SMS. kadang jika jaringanya overload maka kualitas internet buruk sama seperti GPRS.
tapi jika di daerha para gretonger semua Operator sudah ada, baik GSM maupun CDMA. lebih baik memilih CDMA karena CDMA lebih stabil di banding GSM. baik internet dasar seperti GPRS maupun jaringan 1X di CDMA. begitupun jika jaringan GSM di daerah Gretonger sudah support HSDPA/3.5G dan CDMA sudah support EVDO=Evolution Data Only, tetep pilihan harus jatuh ke CDMA yang sudah support EVDO. karena apa. perbandingan kualitasnya amat sangat jauh. 5X lipat CDMA lebih bagus dari pada GSM.
sebagai contoh, HSDPA kecepat downloadnya 3.6Mbps dan upload 384Kbps. sedangakan CDMA EVDO kecepatan download 3.1Mbps dan kecepatan upload 1.8Mbps.
Operator GSM masih memberikan Fair Usage Police yaitu batas penggunaan wajar. alias memberlakukan sistem quota yang mana setelah quota habis maka kecepatan internet akan seperti kecepata GPRS. kayak bekicot. berbeda dengan CDMA contohnya seperti Operatro S*M*a*R*T. kecepatan yang stabil dan tidak ada batasan quota.
tapi perlu di ingat ini buka promo ya, karena ane tidak di bayar oleh operatornya. heheheh
dan ingat juga kecepatan di tentukan oleh daerha gretonger masing2. karena tiap jaringan berbeda kualitasnya.



kepada pengunjung setia blog ane. terima kasih atas kesetiaanya telah sudi terus menerus mengikuti update dari ane. dan tips and trik gratisan masih banyak, namun kali ini postinganya ini saja ya.
heehehheeheeee trik gratis internet yang terbaru dari Telkomsel dan XL akan segera di luncurkan.
ilaliko

3 comments:

  1. wah boleh tuh bang...
    Kalo boleh tau buat yang GRETONG TELKOMSEL kecepatan-nya sampai berapa ya bang..
    Trus kalo dibandingin sama yang GRETONG XL gimana???
    Telkomsel Flash ditempat ane payah bang..

    ReplyDelete
  2. kalo aku pake wifi mas coz rmah ku kna snyal wifi jadi ga perlu bli modem pling klo hp bru pke trik........
    hehehehe

    ReplyDelete
  3. Bsnis apa gan?pami daftar readbud tiasa lwt hp?tos dicobian tapi ga2l wae..

    ReplyDelete

silakan tinggalkan komentar anda tentang web aku atu sekedar mengisi testimonial agar aku bisa knal kalian terimakasih

langganan artikel

MASUKAN EMAIL AGAN DISINI DAPATKAN TRIK GRATISAN TERBARU KE E-MAIL AGAN

Delivered by FeedBurner

There was an error in this gadget