Tuesday, June 7, 2011

cara Menulis SMS Arab di Sony Ericsson G502


Ketika dulu beli hape Soner G502 ini, ada teman menanyakan bagaimana caranya mengirim sms tetapi dalam huruf arab. Ceritanya dia dapat sms ucapan selamat hari raya idul fitri tetapi dalam tulisan arab. Saya lihat memang tulisannya arab, berarti hape Soner bisa donk membaca sms arab.
Kenapa gak menanyakan caranya ke yang ngirim? Hmm… pasti pertanyaan anda begitu kan, hehe. Sama dengan saya, tinggal tanya ke pengirim sms bagaimana caranya kan beres. Tetapi ternyata si pengirim sms gak mau kasih tau caranyaa…. gak mau kasih tau atau gak tau ya ???? Kan mungkin saja hapenya diseting oleh bengkel hape dan dia tinggal pake.
Tantangan nih ;)
Berbekal informasi dari pakde gugel, ketemu caranya. Ternyata gak sulit-sulit amat. Artikel kirim sms arab di SE K800 akhirnya sebagai pedomannya walaupun di artikel tersebut untuk hape Soner A100. Jadi ya hanya perangkat atau programnya aja yang beda. Kalau di A100 menggunakan XS++ sedangkan di hape Soner A200 seperti G502 menggunakan A2uploader.
Peralatan : A2uploader dan file ar.t9 yang bisa download di page download.
Kenapa filenya kok ar.t9 bukan ar.lng?
Dalam hape Soner ada dua jenis bahasa yaitu bahasa handphone dan bahasa tuk menulis sms. Lagian kita gak/blum butuh handphone dengan menu berbahasa arab kan?
Langkahnya:
  1. Download dulu amunisi ar.t9 dulu, kemudian ekstrak file tsb.
  2. Dengan A2uploader masukkan file ar.t9 ke dalam folder tpa/preset/system/language/
  3. Kemudian edit file Customize.xml yang berada di tpa/preset/custom
    Tambahkan baris tulisan
    <allowed-language>ar</allowed-language>
    Dibawah tulisan
    <allowed-language>en</allowed-language>
  4. Dah gitu aja. hehe.
Nanti akan muncul pilihan dalam penulisan arab ketika buat sms, kayak di gambar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda tentang web aku atu sekedar mengisi testimonial agar aku bisa knal kalian terimakasih

langganan artikel

MASUKAN EMAIL AGAN DISINI DAPATKAN TRIK GRATISAN TERBARU KE E-MAIL AGAN

Delivered by FeedBurner

There was an error in this gadget