Tuesday, June 7, 2011

Upgrade Xperia X10, X10mini mu sekarang jadi Eclair dan cara rooting Eclairnya

Persiapan :
  1. HP agan mesti sudah root! Kalo belum root ya gak bisa
    Kalo nggak ya pake cara rooting "super one click" yang bisa di download di sini.
    Dan alangkah baiknya jikalau HP agan sudah diroot dan sudah dibackup penuh pake Titanium Backup supaya gak capek setting dan install ulang semua aplikasinya. Cukup restore aja. Dan ane saranin pake Titanium Backup Donate Version (download di sini)
  2. Download Root Explorer di sini.

Langkah-langkah simple untuk root (bagi HP agan yg belum di-root sama sekali) :
Setelah selesai download "super one click", agan extract filenya, dan jalanin file "SuperOneClick.exe" di PC agan. Dan pastikan HP agan dalam keadaan debugging mode pd waktu dipasang ke PC agan via mini USB.

Spoiler for superoneclick:




Kemudian tekan tombol "root" di aplikasi tersebut.
Maka akan muncul tulisan seperti di bawah ini :
Spoiler for superoneclick:




Quote:
Running rageagainstthecage...
ROOTED

Getting mount path...
/dev/block/mtdblock2
OK

Remounting system with read-write access...

OK

Pushing su...
1424 KB/s (26264 bytes in 0.018s)

OK

Pushing superuser.apk...
820 KB/s (196521 bytes in 0.234s)

OK

chmod su...

OK

Remounting system with read-only access...

OK
Apabila terjadi looping (atau berulang-ulang mendeteksi device) atau macet pas waiting device, tanpa ada proses seperti quote di atas. Sebaiknya jangan ditutup aplikasinya..cukup dengan buka di notification di X10 agan..kemudian klik "USB Debugging Connected", dan uncheck USB debugging, kemudian dilanjut check USB debugging tersebut.

Maka prosesnyapun akan berlanjut.

Dan..

Done! HP agan berhasil di-rooting.

Dan silahkan download+install Titaniumnya di HP agan dan backuplah semua file systemnya


Cara upgrade ke Eclair X10 :
Quote:
Hanya untuk X10 yang telah diroot.
Setelah sudah jalanin Root Explorer. Buka folder system. Terus teken tombol pojok kanan atas "mount R/W"
Spoiler for ubah hak akses:



atau dengan cara klik dan tahan pada folder "system" sampe muncul pop up screen yang isinya
Spoiler for permissions:



Pilih tulisan "Permissions"

Kemudian set "write" untuk semua jenis user/group.
Spoiler for setWrite:




Setelah itu cari file "default.prop" dan teken tahan di file tersebut sampe muncul "pop up screen" pilih "open in text editor"

Tujuannya adalah mengubah region X10 kita menjadi region Norway. Namun jangan khawatir, setelah berhasil Eclair dan di-root, region X10nya bisa balik lagi menjadi region Indonesia. Tanpa masalah sedikitpun. Untuk itu jangan lupa catat region aslinya sebelum edit hal-hal di bawah ini.

Quote:
Kalo belum berhasil masuk pake text editor..berarti ada yang keliru dengan permissions-nya. Coba diulangi kembali.
Kemudian
Ganti digits angka di 2 baris berikut :
Code:
ro.semc.version.cust=XXXX-XXXX
ro.product.name=X10_XXXX-XXXX


Quote:
Code:
X10i CUST-NBC GENERIC 1234-8465
menjadi :
ro.semc.version.cust=1234-8465
ro.product.name=X10_1234-8465
Spoiler for build.prop:


Tampilan build.prop bisa beda-beda, gan..digit aslinya juga beda-beda..yang penting ubah aja yang ane kasih mark di gambar di atas.
menjadi :
ro.semc.version.cust=1234-8465
ro.product.name=X10_1234-8465


Tekan tombol menu dan pilih : Save & Exit. Reboot HP kamu

Setelah region berhasil di ganti. Persiapan berikutnya adalah upgrade ke Eclair via OTA (over the Air) alias pake Sony Ericsson Update Service (SEUS), kalo belum ada..cukup download dan install dari sini.

Ikuti instruksi yang muncul dari aplikasi SEUS yang telah dijalankan.

Spoiler for flashmode_instructions:




Quote:
HP agan colokin dalam keadaan flashmode (flash mode itu maksudnya dimatiin hpnya, cabut batere beberapa detik, terus colokin ke usb sambil teken+tahan tombol "back" pas jalanin SEUS). Ntar ada tulisan notifikasi gede
di layar monitor PC agan : "Eclair 2.1 features : blablabla.." (sama seperti di blog SE). Pesan Eclair pasti muncul kalo sdh ada di SEUS agan, kalo gak ada pesan ini, berarti SEUS agan blm dapet Eclair
Spoiler for pesan Eclair pasti muncul kalo sdh ada di SEUS agan, kalo gak ada pesan ini, berarti SEUS agan blm dapet Eclair:



Next aja..
Spoiler for seus:




Setelah semua sudah didownload+install pake SEUS..nyalain HPnya, tunggu beberapa menit dan...

Spoiler for done:




Done! Eclair come to papa

Quote:
Untuk rootingnya..cukup lakukan cara simple root-ing di atas.
Dijamin Eclair kamu bakal jadi Eclair rooted version.
Review dari ane :
  • Ane kaget, ternyata ada bahasa Indonesia, bahasa jawa, bahasa sunda untuk bahasa telpon dan bahasa keyboardnya.
  • Smoothy performance..cepet buat buka ini itu, bootscreen, lockscreen dan aplikasi dan buka app cepet.
  • Yang ane suka pas kamera+videonya sudah otomatis autofocus gak perlu capek2 pencet setengah tombol kamera. Autofocusnya cepet+otomatis.
    Ane kira cuma Video aja yang bisa. Ternyata Cameranya juga.
  • Sedikit lagging di menu..mungkin sebaiknya pake ADW Launcher saja
  • Live wallpaper berjalan smoothy. Ada live wallpaper yang bisa mengikuti irama musik yang dimainkan dan waktu.
  • Ada banyak penambahan di menu settings, belum ane explore semua, masih di kantor soalnya
  • Aplikasi yang dijanjikan utk 2.1, kini bisa berjalan di X10. Angry bird full version, adobe software, dsb.
  • Aplikasi resmi Adobe, aplikasi Yahoo! resmi kini dapat berjalan. Dolphine Browser yang HD juga berjalan dengan lancar. Game Angry Birds yang Full Version juga bisa dimainin tanpa layar gelap lagi

Spoiler for beberapa screenshot X10 eclair ane:













No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda tentang web aku atu sekedar mengisi testimonial agar aku bisa knal kalian terimakasih

langganan artikel

MASUKAN EMAIL AGAN DISINI DAPATKAN TRIK GRATISAN TERBARU KE E-MAIL AGAN

Delivered by FeedBurner

There was an error in this gadget