Wednesday, September 21, 2011

GAME PC : Civilization V: Game Strategy Terbaik Sepanjang 2010 [ www.rikyaja.info ]


Quick Review
Overall = 4/5
Civilization V berhasil tampil dengan sangat baik, terutama dengan menu yang mudah dioperasikan, dan sangat user-friendly. Bahkan gamers yang belum pernah mencoba bermain Civilization akan mudah menggunakannya.
Story = 4/5
Cerita dalam Civilization V sendiri nyaris sempurna dengan latar belakang masing-masing penguasa dan negara yang mumpuni. Mendalam dan menyenangkan saat disimak.
Graphics = 5/5
Soal grafis, Civilization V berhasil menampilkan banyak detil sekaligus dalam satu layar, tanpa membuat pemain kesulitan memfokuskan permainan. Simple but great, meski membutuhkan kartu grafis canggih.
Sound = 4/5
Suara pendukung Civilization V bekerja baik untuk menunjang permainan, meski tidak mendapat perubahan berarti sejak Civilization IV lalu.
Gameplay = 4/5
AI yang selalu mengganggu pembangunan dan pengembangan kota akan jadi tantangan utama dalam Civilization V. Silahkan memilih skill Anda untuk menentukan kehebatan musuh yang akan dihadapi.
Lasting Appeal = 5/5
Penggemar game Sid Meier nampaknya selalu memainkan seri Civilization lebih dari 10 kali. Demikian pula dalam Civilization V yang memberikan begitu banyak kemungkinan dalam permainan.



Full Review
Civilization V adalah game strategy berupa masyarakat pilihan yang dibangun menjadi kekuatan terhebat di dunia. Jika memainkannya sekilas, Anda mungkin cepat merasa bosan mengingat dunia nyata yang diwakili dalam Civilization V tidak sepenuhnya benar (atau bahkan tidak mungkin melakukannya). Namun ketika Anda merasakan sensasi membangun peradaban, atau melihat perkembangannya dari waktu ke waktu, tak hanya keinginan mengulang permainan demi mendapat hasil lebih maksimal, tapi juga keinginan bersaing yang semakin tinggi.


Memilih Permainan
Tanpa Mode Campaign, Civilization V hanya diarahkan untuk merancang negara yang dipilih, namun dapat bergabung dengan negara dari pemain lain di multi-player. Setiap peradaban negara mengetengahkan pemimpin besar dalam sejarah aslinya, termasuk kelebihan dan unit khusus yang dimiliki, sehingga Anda perlu cukup cermat memilih calon negara yang akan dimainkan. Saat memilih Perancis misalnya, ada bonus budaya yang akan membuat keunggulan budaya, atau Aztec yang ingin unggul dalam ketentaraan dan fashion dapat memberikan unit dan kelebihan tersendiri, sedang Jerman akan memungkinkan terciptanya unit militer kuat seperti Panzer --yang membantu menguasai dunia dengan kekerasan. Tentu saja Anda akan lebih memilih memainkan pemimpin dan peradaban yang unggul secara militer, sebelum mengarahkannya pada keunggulan budaya. Tapi jangan dikira, karena cara ini pun membuka kerumitan lebih besar di masa depan.

Selain memilih sebuah bangsa atau negara, Civilization V memungkinkan Anda memilih skenario masa depan dunia nantinya. Misalnya apakah dunia akan terbagi menjadi beberapa benua, kapan peradaban pertama dimulai, dan jumlah peradaban yang akan muncul sebagai pesaing. Pilihan ini tentu sudah sangat umum bagi penggemar seri Civilization, dan menjanjikan satu hal pada pemain: berusaha mengulang permainan demi hasil lebih maksimal! Bahkan untuk membuat peradaban sesuai kehendak, seperti membangun bangsa Inggris tanpa pernah melakukan ekspansi, atau memilih Jepang yang unggul dalam kebudayaan, atau menjadikan Jerman menerima agama Arab atau Asia. Absurd, tapi mengasyikkan.


Peluang Keberhasilan
Perang adalah salah satu cara dalam Civilization V untuk meningkatkan pemasukan negara, selain mendeklarasikan revolusi, memilih sistem pemeirintahan yang tepat, sambil menanyakan kebutuhan rakyat dari pada penasehat. Sistem ini tentu sudah ditemukan dalam seri Civilization sebelumnya, termasuk Civlopedia yang akan menjadi panutan Anda untuk mengembangkan peradaban saat ini. Dari "akan pohon" pengetahuan termasuk, Anda bisa mengejar target mengembangkan unit atau kelebihan khusus bagi masyarakat.

Di bagian lain, Firaxis yang punya pengalaman bertahun-tahun mengembangkan seri Civilization, kali ini tampil dengan peralatan setiap bangsa yang membuat aspek permainan lebih berasa. Tentu saja, kenyamanan ini juga berguna dalam Civilization V sebagai kelebihan masing-masing peradaban mengembangkan masyarakat mereka. Jadi, di satu sisi Civilization V muncul sebagai game berbasis sejarah, sedang sisi lainnya menawarkan fantasi bagi para pemain.


Tantangan Terberat
Sayangnya, Anda tidak bisa serta-merta membangun peradaban sekehendak hati. Ini tentu bagian dari AI yang menantang dalam Civilization V. Fitur kota, negara, pemerintah, situasi politik, maupun masyarakat sendiri tampil dengan kompleksitas yang harus diatur sedemikian rupa. Termasuk saat berdampingan dengan "calon musuh", sikap bekerjasama, mengabaikan, hanya bertahan, atau menjalankan penyerangan cepat untuk mengambil-alih seluruh kekuasaan, sebenarnya membutuhkan strategi agar bisa dijalankan bertahun-tahun sambil mengejar misi bangsa.

Ketika era modern semakin nyata, kekuatan tentara semakin minim dibutuhkan, dan kemenangan ditentukan dengan cara lain. Misalnya menang secara diplomasi (dengan membangun gedung PBB), unggul dalam pengetahuan (dengan membangun pesawat antariksa), memenangkan kebudayaan termaju (dengan menyelesaikan 5 cabang kebudayaan), atau sebagai negara terkaya pada 2050. Rumitnya, AI Civilization V tidak memungkinkan negara Anda terus-menerus bertahan dari serangan demi menunggu era modern tiba. Negara tetangga akan terus mencoba menyerang atau sekadar menganggu kota-kota perbatasan tanpa bosan.


The Best Play
Civilization V mungkin akan menjadi game terbaik sepanjang 2010 ini, mengingat jarangnya game PC yang berhasil meraih rating penuh. Selain berhasil muncul sebagai "game klasik" yang tampil dengan wajah baru nan ramah, dan keluwesan gameplay berbasis spesifikasi komputer medium, tentu jadi alasan banyaknya gamers akan segera mengerubuti sekuel keempat Civilization Sid Meier ini. Belum terhitung kenyamanan bermain bersama teman-teman di mode multi-player, setelah mengembangkan negara sendiri di single-player.

Mulanya Civilization IV memang terasa lebih menyenangkan dalam hal interkoneksi antara pemerintah dengan lembaga keagamaan, tetapi ada opsi dan sifat baru yang ditampilkan dalam Civilization V. Hasilnya, akhir setiap game dalam Civilization V yang Anda mainkan mungkin menjadi peradaban pertama di dunia yang berkembang sesuai harapan Anda. Kalaupun akhir tersebut belum memenuhi harapan, masih ada 24 jam berikutinya sepanjang 365 hari yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan peradaban terbaik di dunia. Tentunya dari CPU Anda.


System Requirement
Minimum Requirement
OS: Windows XP SP3
Processor: Intel Core 2 Duo 1.8Ghz or AMD Athlon 64 X2 2.0Ghz
RAM: 2 GB
HD Space: 8 GB
Graphics: 256 MB ATI 2600 XT/nVidia 7900 GS or better
Sound-card, DVD-Rom

Recommended Requirement
OS: Windows Vista SP2/Windows 7
Processor: 1.8 GHz Quad Core
RAM: 4 GB
HD Space: 8 GB
VGA: 512 MB ATI 4800/nVidia 9800 or better
Sound-card, DVD-Rom

No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda tentang web aku atu sekedar mengisi testimonial agar aku bisa knal kalian terimakasih

langganan artikel

MASUKAN EMAIL AGAN DISINI DAPATKAN TRIK GRATISAN TERBARU KE E-MAIL AGAN

Delivered by FeedBurner

There was an error in this gadget