GAME PC : Game PSP YS Felghana: Sekuel YS 3 [ www.rikyaja.info ]


Quick Review
Overall = 4/5
Menyenangkan, menantang, dan membangkitkan kenangan! Begitulah asyiknya memainkan YS Felghana yang merupakan sekuel versi 3D game YS 3: The Oath in The Felghana ini.
Story = 4/5
Kisahnya sendiri berjalan dengan kompleks dan detil. Kamu bisa membayangkan bagaimana menjadi seorang Adol di waktu itu, dan membuat game ini menyenangkan untuk dituntaskan sampai habis.
Graphics = 4/5
Tak ada yang kurang dari grafik 2D, tetapi beberapa misi jadi terbatas. Saat dikembangkan dalam versi 3D, semua kekurangan ini nyaris hilang seluruhnya.
Sound = 3/5
Dengan musik yang khas, kamu bisa menyaksikan setiap pertempuran Adol dengan seru. Tak luput efek-efek suara saat berhadapan dengan bos. Sangat menyenangkan.
Gameplay = 5/5
Hal paling menarik dari game YS adalah gameplay, dan versi 3D Felghana ini sekali lagi membuktikan jika game PSP ini memang layak dimainkan para penggemar genre RPG.
Replay = 4/5
Dari banyak peta yang mesti dituntaskan, mengulangnya demi menjelajahi seluruh tempat, tak bakal kurang menarik. Kamu bahkan bisa mencoba cara-cara lain menyelesaikan seluruh misi utama.



Full Review
Buat penggemar game PSP genre RPG, permainan YS 7: Melanjutkan Petualangan Adol di PSP tentu sudah tidak asing lagi. Kalau begitu, kamu juga pasti masih ingat YS 3 yang kisahnya tentang Felghana. Nah, YS yang akan direview kali ini adalah game YS hasil pengembangan kisah para pahlawan di YS 3 yang dulunya populer dimainkan gamers PC.

YS 3 sendiri dulunya baru didukung grafik 2D, dan sangat menggugah gairah penggemar genre RPG berkat petualangan mengasyikkan membasmi para musuh-musuh jahat. Sedang kisah The Oath in Felghana sendiri jadi menarik disimak karena menghadirkan petualangan Adol yang berdiri sendiri, meski beberapa bagian tak terlepas dari seri petualangan Adol secara keseluruhan.


Sedang pada remix YS The Oath in Felghana Kali ini, developer Nihon Falcom mencoba mengembangkan kisah tersebut ke dalam wahana 3D. Perubahan ini tentu jadi angin segar untuk kamu yang merasa (begitu) terbatas saat memainkan Adol di versi 2D. Dengan format yang lebih hidup, memenggal musuh, menghancurkan, sampai merapal mantra dapat berjalan lebih hidup kali ini.

Namun begitu, detil visualisasi YS Felghana masih kurang diperhatikan Nihon. Ada wajarnya juga, karena developer tersebut mungkin lebih memperhatikan cerita yang mendalam untuk disimak para pemain. Tak luput juga, luasnya wilayah Felghana yang bakal dijajaki pemain untuk merasakan gameplay yang menyenangkan.


Luasnya wilayah Felghana sendiri bakal menghadirkan keasyikan tersendiri, karena setiap sub-wilayah menghadirkan monster, harta, kemampuan baru, dan banyak titik-titik lain yang bisa dijelajahi. Membuat satu jaminan: kamu tidak akan merasa bosan bermain di Felghana!

Lihat saja ketika kamu berhasil mengalahkan musuh biasa, ada kesempatan untuk mendapat emas, memulihkan kesehatan, dan keuntungan lain. Kemudian dengan cara combo, serangan pun dapat dijalankan karakter dengan lebih mudah dan efektif melukai musuh. Tapi jangan salah juga, karena beberapa musuh di Felghana memiliki keahlian sendiri menghadapi mantra yang dilepaskan. Ini tentu sedikit tantangan buat kamu semua.


Sayangnya, YS Felghana tidak memungkinkan pemain berkolaborasi seperti pada YS 7. Meski Dogi muncul di sini, tapi ia tidak bisa membantu Adol dalam pertempuran. Sangat berbeda ketika kamu bermain di YS 7.

The Best Play
Meski punya beberapa kekurangan, YS Felghana adalah game PSP yang menarik dan menyenangkan. Game ini nyaris sempurna jika melihat gameplay yang mudah dipelajari sekaligus menantang. Buat kamu yang mau mencoba, ingat dulu bahwa permaianan ini mungkin membutuhkan waktu hingga 25 jam. Tapi mungkin dibutuhkan waktu lebih lama kalau kamu memilih menjalankan tiap misi secara mendetail.

Comments