Wednesday, September 21, 2011

GAME PC : Patrician IV: Pedagang Bir yang Menguasai Dunia [ www.rikyaja.info ]


Quick Review
Overall = 3/5
Grafik dan sound tidak akan menjadi magnet bagi para gamers dalam Patricia IV, karena kemenarikan game ini berasal dari simulasi perdagangan abad pertengahan di Eropa yang cukup menyerupai kondisi pada waktu itu: daging, bir, dan keju.
Story = 3/5
Dengan latar perusahaan perdagangan Eropa masa lalu yang punya sejarah dominasi, Anda diajak menjalani usaha mereka menguasai perdagangan dunia. Sebuah game berbasis sejarah yang unik, meski tidak begitu dengan geografis dalam permainan.
Graphics = 3/5
Meski dipasangi 3D, game ini belum berhasil mencapai grafis yang memukau. Tapi untuk katagori game simulasi, tampilan detil dan cukup menarik sudah mencapai kebutuhan.
Sound = 3/5
Layaknya game simulasi sejenis, game Patrician IV tidak didukung sound atraktif. Ada lagu pendukung yang mengalun sepanjang game, dan ini mungkin sudah cukup.
Gameplay = 4/5
Beberapa opsi mungkin agak sulit Anda mengerti, tetapi Patrician IV bukan game yang ingin menyulitkan pemain. Intinya, setiap tindakan yang Anda lakukan, pasti mendapat penjelasan sebelum atau sesudahnya.
Replay = 4/5
Dengan hasil yang beragam, Anda akan dibuat penasaran menemukan strategi demi meraih hasil akhir yang lebih baik. Anda mungkin belum cukup puas mengulang game Patrician IV lima kali dalam seminggu.


Full Review
Patrician atau Saudagar versi IV diluncurkan developer Minds Gaming pada akhir September lalu, adalah sebuah permainan simulasi perdagangan dunia yang mengambil setting pada abad pertengahan. Dengan sentral negara-negara Eropa, perdangan yang Anda lakukan dalam game Patrician IV tentunya berupa komoditi saat itu. Bagaimana untuk menjadi pedagang dunia yang berhasil, inilah review yang perlu Anda simak.

Jauh sebelum perusahaan di India Timur meraih kejayaan, sebuah organisasi perdagangan dari Eropa bernama Liga Hanseatic mengendalikan distribusi komoditi untuk “dunianya”. Usaha yang dilakukan di awal abad ke-13 ini akan dimulai dari sebuah perusahaan kecil dengan peta terbatas yang terbentang di kawasan Baltik hingga Laut Utara. Bukan peta yang besar dibanding perdagangan hari ini tentunya, meski dalam game Patrician IV Anda tetap dimungkinkan mengirim misi perdagangan ke kawasan Mediterania.

Sambil mengikuti tutorial yang mudah dipahami namun tidak terlampau cantik, tujuan Anda di awal permainan adalah mencapai peringkat terbaik di antara pedagang lain dalam liga perdagangan dan produksi barang. Tak cuma berhadapan dengan perusahaan kompetitor, para bajak laut senantiasa menunggu kapal Anda di tempat dan waktu yang tak diduga. Namun Anda pun dapat berperan aktif sebagai Tuan Tanah yang menuntut upeti pada masyarakat. Berdagang, sekaligus memerintah.


Berdagang dan Membangun
Memilih kargo untuk mendistribusikan barang atau komoditi antar pelabuhan akan menjadi aktivitas yang selalu Anda lakukan. Kemampuan kapal untuk memuat barang dan ketersediaan gudang Anda di suatu pelabuhan memungkinkan perdagangan lebih mudah dilakukan. Ada harga-harga, tempat produksi, dan sasaran penjualan yang mesti Anda hafalkan, termasuk kemungkinan fluktuasi sesuai supply-demand dan ketentuan lain dari pemerintah. Tetapi dengan beberapa komoditi yang memiliki harga dasar dan logika sama, game Patrician IV akan lebih mudah dijalankan.

Beranjak ke level lebih tinggi, managerial menjadi kunci keberhasilan Anda. Pengangkutan barang yang dilakukan kapal-kapal mestilah optimal, dan rute yang ditempuh pun harus lebih sesuai. Dengan mode autotrade, seluruh kapal armada bisa beroperasi dan bertransaksi dengan sendirinya. Tetapi jika angka penghasilan justru menurun, Anda tetap bisa mengembalikan ke mode manual atau mengambil-alih pembelian tertentu, dan menjual barang secara manual ––yang umumnya selalu lebih menguntungkan.

Selanjutnya, tak hanya Anda yang akan mulai belajar mengatur distribusi barang dan rute kapal dengan benar, tetapi Kapten kapal pun akan semakin mahir dengan banyaknya perjalanan yang mereka lakukan. Kalaupun dinilai kurang cepat memenuhi target, Anda bisa mempercepat kenaikan skill mereka dengan menyewa pengajar di beberapa tempat dengan 10.000 emas.

Sedang perdagangan terus berlangsung, game Patrician IV menuntut Anda membangun fasilitas produksi komoditi yang lebih murah. Tujuannya tentu demi menjaga naiknya angka pemasukan, dan memenuhi kebutuhan pembelian komoditi lain untuk warga. Hal ini tentu tidak akan tercapai sebelum Anda menguasai rantai produksi dan distribusi komoditi yang menjadi andalan. Sampai di sini, Anda bisa mengarahkan target monopoli pada salah satu barang konsumsi yang paling sering dibutuhkan, yaitu daging, keju, katun, dan bir.


Bajak Laut
Di saat yang sama, tuntutan mengembangkan armada yang mampu mengatasi bajak laut muncul. Namun AI game Patrician IV memang bukan untuk peperangan, sehingga ada beberapa kemungkinan yang bisa Anda lakukan saat menghadapi bajak laut. Pertama adalah kemungkinan perjalanan konvoi dan armada di mode autotrade akan lebih minim resiko diserang bajak laut, ketimbang menjalankan mode manual yang mungkin menjumpai bajak laut setiap keberangkatan.

Kedua, pertempuran dengan bajak laut sendiri dalam game Patrician IV hanya bisa diikuti oleh maksimal 3 buah kapal. Meski Anda dimungkinkan membangun hingga 8 armada, tetapi 5 kapal lain tidak akan terlibat dalam combat. Lalu jika para bajak laut memenangkan pertarungan, mereka akan memblokir pelabuhan tersebut dan merampok setiap kapal yang datang. Dengan begitu Anda harus mengirimkan 3 armada selanjutnya untuk membebaskan pelabuhan tersebut.


Logika Kemenangan
Salah satu peluang keberhasilan dalam game Patrician IV adalah dengan memonopoli bir. Bir hanya bisa diproduksi ketika Anda memiliki ijin, dan memiliki pegawai yang cukup. Jika ijin produksi mensyaratkan emas, Anda sebelumnya harus memenuhi prasyarat reputasi yang dihasilkan setelah mendirikan bangunan lain.

Di sisi lain, Anda juga harus mencukupi tempat produksi dengan jumlah pekerja yang sesuai, dan pekerja yang cukup dihasilkan oleh kota yang mampu mendatangkan penghuni dari daerah-daerah di luar kota. Sedang mendatangkan penduduk baru berarti membuat jaminan makanan yang baik untuk seluruh masyarakat.

Penjualan bir akan memberikan Anda selisih harga untuk membeli keju --yang sangat dibutuhkan masyarakat. Ada beberapa cara yang bisa Anda temukan sendiri, termasuk kemungkinan menyabotase produksi bir para kompetitor, meski akan menghadapkan Anda pada reputasi yang buruk. Tetapi secara mendasar, jika Anda mampu menciptakan keseimbangan suplai dan demand terhadap bir dan keju, atau jika Anda mampu menciptakan monopoli perdagangan bir, di sinilah usaha Anda membuahkan kemenangan.


The Best Play
Meski dengan rendahnya teknologi 3D yang dihasilkan Minds Gaming, game simulasi Patrician IV tetap menyenangkan dimainkan berkat tantangan strategi bisnis yang bisa dijalankan. Selain itu, versi IV kali ini memungkinkan game lebih nyaman dimainkan berkat perubahan framerate.

System Requirements
Minimum Requirements
OS: Microsoft Windows XP / Windows Vista / Windows 7
Proc: Intel Pentium IV at 2.0 GHz / AMD Athlon XP 2200+
Video Card: 256 MB VRAM – DirectX 9.0c compatible PCIe (NVIDIA Geforce 6 Series/ATI Radeon X1000 Series)
RAM: 1 GB
HD Space: 5 GB
Sound Card: DirectX Compatible
Direct-X: 9.0c
Keyboard, mouse, DVD-ROM

No comments:

Post a Comment

silakan tinggalkan komentar anda tentang web aku atu sekedar mengisi testimonial agar aku bisa knal kalian terimakasih

langganan artikel

MASUKAN EMAIL AGAN DISINI DAPATKAN TRIK GRATISAN TERBARU KE E-MAIL AGAN

Delivered by FeedBurner

There was an error in this gadget