Cerita Ugo Untoro Soal Lukisan-Lukisan Yang Tampak Dilipat

Foto: Tia Agnes/ detikhotFoto: Tia Agnes/ detikhot

Jakarta - Bagi pencinta seni menyambangi Galeri Nasional Indonesia menjadi pengalaman yang menarik. Di bazar tunggal 'Rindu Lukisan Merasuk Badan' karya perupa Ugo Untoro, ada banyak lukisan-lukisan yang tampak 'dilipat'. Benarkah?

Dari penampilan luar, kanvas-kanvas itu terkesan terlipat secara sengaja. Ada bab yang ibarat kertas dilipat, atau dirobek, bahkan beberapa permukaan kanvas lainnya sengaja dibolongi.

Ruang pamer pun ibarat tak biasa. Ugo seakan mengubah anutan perihal apa itu seni lukis dan bagaimana cara melukis yang baik dan benar.

Ketika diwawancarai, Ugo menyampaikan lukisan yang dilipat-lipat yakni gagasan orisinil dari dirinya sendiri.


Pameran Tunggal Ugo Untoro di Galeri Nasional IndonesiaPameran Tunggal Ugo Untoro di Galeri Nasional Indonesia Foto: Tia Agnes/ detikhot


"Ya beginilah berdasarkan saya. Saya dari zaman corat-coret berpikir apa sih painting itu, apa sih melukis itu. Apakah painting harus ibarat itu, alhasil jadi ibarat ini. Ada garis, warna, komposisi, dan bentuk ibarat ini," ujar Ugo ditemui di Galeri Nasional Indonesia, tempat Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, belum usang ini.

Di beberapa karya lainnya, Ugo pun mengaku merasa keasyikan menciptakan garis dan mewarnai. Ia melaksanakan kegiatan apapun tanpa adanya pretensi apapun.

"Saya dapat mencicipi asyiknya menciptakan kaki dengan satu garis tanpa putis. Keindahan juga berdasarkan saya sederhana, sesuatu yang tidak terlalu banyak rambu-rambu tapi sebuah kesederhanaan, ada prosesnya," tukasnya.

Pameran tunggal Ugo Untoro masih dapat dinikmati sampai 12 Januari 2020 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.




Simak Video "November Ini, Butet Kartaredjasa Gelar Pameran Seni Rupa di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]